Kontak aja - Setelah meresmikan GR Garage, Toyota mengajak media menggeber semua line-up Gazoo Racing. Performa setiap jajaran kendaraan Toyota dengan DNA GR maupun hasil modifikasi dari GR Garage bisa dirasakan. Berlokasi di sirkuit Jakarta International e-Prix, Ancol, tersedia GR86, GR Yaris, GR Supra hingga hot hatch paling anyar GR Corolla. Ada juga Toyota RAV4 GR PHEV sampai New Agya GR Sport yang merupakan hasil modifikasi dari GR Garage.


KEY TAKEAWAYS

GR Experience diselenggarakan di Sirkuit International E-Prix Ancol Sayang tidak semua line-up GR boleh dikemudikan sendiri


Kesempatan pertama langsung mendapat New Agya GR Sport with GR Performance Part. Mobil ini merupakan hasil tuning dari GR Garage Indonesia. Sentuhan balap paling terasa di interior. Jok sport bucket dengan seatbelt 4 titik langsung mendekap tubuh, serta memakai setir balap. Mesin 3-silinder 1.2-liter Dual VVT-i juga telah dituning dengan kebutuhan balap. Setelan suspensinya pun sudah dibuat sangat stiff demi memberikan kestabilan berkendara yang maksimal. Hasilnya selama menikung kami merasakan kendaraan ini begitu dinamis dan mampu menghasilkan bodyroll yang minim.


GR experience


Setelah mengitari sirkuit sepanjang 2,4 km, kami beralih ke GR86. Sebagai mobil sport murni, ia sudah cukup matang untuk mengitari trek dalam keadaan standar. Namun dengan penambahan aerokit dari GR Garage, Toyota GR 86 ini terasa jauh lebih dinamis saat dipacu.


Mesin 4-silinder 2.4-liter 235 hp dan 250 Nm berakselerasi cepat ke 100 km/jam. Pengendaliannya pun sangat presisi dan kendaraan sangat mudah diajak berbelok. Tidak butuh waktu lama menyesuaikan diri mengendarai GR 86 di atas sirkuit, perpindahan transmisi dan putaran mesin pun terasa cukup responsif. Kami cukup puas dengan kemampuan dari Toyota 86 meski hanya satu putaran.


Baca Juga: kredit mobil daihatsu aceh utara


Sayang GR Corolla tidak kami kemudikan sendiri. Hanya merasakan sebagai penumpang yang ditunggangi oleh Anjasara Wahyu. Namun kehebatan hot hatch ini begitu terasa. Terutama ekstraksi daya sebesar 298 hp dan torsi puncak 370 Nm dari enjin mungil 3-silinder turbo 1,5-liter. Belum lagi perpaduan transmisi manual 6-percepatan dan sistem penggerak 4-roda GR e-four yang tampak menggiurkan. Di jajaran Toyota Gazoo Racing sendiri, GR Corolla merupakan model dengan performa buas di urutan kedua setelah GR Supra.


GR Corolla


Terakhir, kami juga diajak menjajal Toyota RAV4 GR Sport PHEV yang dikendarai oleh Herdiko Setyaputra. Kami sempat skeptis bahwa pengujian dengan RAV4 pasti hanya sebatas kenyamanan berkendara dan penumpang di ruang kabin. Nyatanya, kami juga diajak “menari-nari” dan merasakan sensasi mesin 4-silinder 2.5-liter yang juga dipakai Camry Hybrid. Meski sebuah kendaraan keluarga, RAV4 GR memiliki karakter kemudi presisi. Sang pembalap mengakui sangat minim melakukan koreksi saat melahap setiap tikungan. 


Tidak semua line up bisa kami uji secara langsung pada GR Experience kali ini. Line-up ikonik seperti GR Supra dan GR Yaris hanya dipamerkan di pinggir sirkuit menemami Toyota Fortuner tim TGRI yang berhasil meraih juara di gelaran AXCR 2023.


kunjungi juga : artenasmaos-marcia.blogspot.com